Wednesday, December 2, 2009

Pendidikan Anak Usia Dini

Tujuan pendidikan anak usia dini secara umum adalah:

”Memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal dan menyeluruh sesuai dengan norma-norma dan nilai kehidupan yang dianut. Melalui program pendidikan yang dirancang dengan baik, anak akan mampu mengemabangkan segenap potensi yang dimiliki, dari aspek fisik, sosial, moral, emosi kepribadian dan lain-lain”

Sedangkan tujuan Pendidikan Anak Usia Dini secara khusus adalah adalah agar supaya anak:

1. Mampu mengelola gerakan dan ketrampilan tubuh , termasuk gerakan-gerakan yang mengontrol gerakan tubuh, gerakan halus dan gerakan kasar.

2. Memperoleh pengetahuan tentang pemeliharaan tubuh, kesehatan dan kebugaran tubuh.

3. Mampu berpikir secara kritis, memberi alasan, memecahkan masalah dan menemukan hubungan sebab akibat.

4. Mampu memanfaatkan indera penglihatan dan dapat memvisualisasikan suatu objek, termasuk mampu mencipatakan imajinasi mental internal dan gambar-gambar.

5. Mampu mengembangkan konsep diri dan sikap positif belajar, kontrol diri dan rasa memiliki.

6. Mampu mengembangkan keingintahuan tentang dunia, kepercayaan diri sebagai anak didik, kreativitas dan inisiatif pribadi.

7. Mampu memahami keadaan diri manusia secara internal, refleksi diri, berfikir metakognisi dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan spiritual, moral dan kepercayaan agama.

8. Mampu mengenal, memahami serta mengapresiasikan flora dan fauna dan lingkungan alam sebagai kebesaran ciptaan Allah.

9. Mampu mengenal peranan masyarakat, kehidupan sosial dan respek terhadap keragaman sosial dan budaya.

10. Mampu menggunakan bahasa untuk dapat berkomunikasi secara efektif yang bermanfaat untuk belajar dan berfikir. Mampu menghargai dan menginternalisasikan nilai-nilai moral dan agama.

11. Mampu mengenal pola-pola bunyi dalam suatu lingkungan yang bermakna, memiliki sensitivitas terhadap irama, serta mengapresiasikan seni, kemanusiaan dan ilmu pengetahuan.

Adapun fungsi pendidikan anak usia dini atau lebih khusus adalah pendidikan prasekolah dapat dirumuskan lima fungsi yaitu:

  1. Penanaman Aqidah dan keimanan
  2. Pembentukan dan pembiasaan perilaku positif
  3. Pengembangan pengetahuan dan ketrampilan dasar
  4. Pengembangan motivasi dan sikap belajar positif
  5. Pengembangan segenap potensi yang dimiliki.

No comments:

Post a Comment